Ini Dia Tips Memilih Lem Terbaik Agar Karpet Terpasang Sempurna

Karpet

Salah satu jenis karpet yang cukup populer digunakan akhir-akhir ini adalah jenis karpet tile. Karpet ini sangat indah dan terlihat seperti susunan ubin-ubin dengan pola khusus yang cantik. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai karpet tile dan cara pemasanganya menggunakan lem, yu disimak baik-baik!

Kelebihan Karpet Tile

Sesuai namanya, karpet tile memang mirip ubin yang berupa potongan-potongan dengan ukuran 50cm x 50cm, 61cm x 61cm dan 100cm x 100cm. Cara memasangnya, cukup disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan pola yang indah. Karpet tile sendiri memiliki beberapa kelebihan dibanding karpet roll, yakni lebih praktis dan tidak makan tempat, lebih mudah dipasang dan dibongkar, lebih banyak motif, serta lebih awet. Selain itu harga karpet tile pun cukup kompetitif jika dibanding dengan karpet roll.

Karpet tile biasanya digunakan di perkantoran dan ruang publik. Namun untuk di rumah tinggal pun, karpet tile juga sangat bagus dan indah karena bisa dikombinasikan pola dan warna dengan cat rumah atau perabot yang ada. Karpet tile cukup mudah ditemui dan kini sudah banyak toko karpet yang menawarkan harga karpet tile murah sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan anggaran Anda.

Baca juga: Inilah Tips Penting Saat Memilih Vertical Blind

Dengan harga karpet tile yang terjangkau serta motif dan warna yang sangat banyak, membuat Anda bisa berkreasi dalam rumah Anda. Membeli karpet tile pun tidak harus dalam jumlah banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja, atau sekedar untuk mengombinasikan dengan karpet roll yang sudah dipasang sebelumnya.

Cara Memasang Karpet Tile

Selain harga karpet tile murah, memasang karpet tile juga tidak sulit. Bahkan Anda pun bisa melakukan sendiri jika ingin memasangnya di rumah. Ada dua cara pemasangan karpet tile, yakni dengan menggunakan lem khusus dan tidak menggunakan. Biasanya yang menggunakan lem adalah karpet tile yang tidak dipasang di seluruh bagian lantai sehingga karpet tidak bergeser dan berubah posisi.

Nah yang paling penting tentunya, adalah lem yang digunakan untuk merekatkan karpet ke lantai karena Anda harus menggunakan lem khusus agar karpet bisa terpasang awet dan tampilannya rapi. Jika Anda ingin memasang karpet tile sendiri namun awam dengan lem yang akan digunakan, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar Anda bisa mendapatkan lem yang baik dan sesuai.

1. Berkonsultasilah dengan penjual karpetnya karena mereka akan mengetahui jenis lem yang tepat untuk karpet yang Anda pilih. Pertimbangkan dan konsultasikan faktor seperti pengeringan, toksisitas dan tempat pemasangan karpet sebelum Anda membeli.

2. Perhatikan keamanan dan kualitas udara, apalagi jika di rumah ada anak kecil. Hindari lem yang mengandung  formalin atau zat beracun lainnya yang bisa mengeluarkan gas beracun.

3. Jika khawatir dengan kandungan zat beracun pada lem, pilihlah lem yang berbasis air dan hindari yang berbasis pelarut dan pastikan lem berlabel Zero VOC atau VOC Free.

4. Perhatikan lingkungan atau ruang yang akan dipasang karpet agar Anda bisa menggunakan lem yang tepat. Misalnya lingkungannya lembab, Anda sebaiknya menggunakan lem laut. Karpet outdoor dan indoor pun menggunakan lem yang berlainan sehingga Anda harus menentukannya terlebih dahulu.