Inilah Perbedaan antara Gaya Modern dan Gaya Futuristik

Ternyata gaya atau desain pada bangunan seperti rumah atau gedung-gedung lainnya diusung dengan gaya-gaya tertentu. Ada gaya modern, gaya futuristic, gaya klasik, gaya kontemporer dan masih banyak lagi gaya lainnya. Salah satu gaya yang banyak dibicarakan orang dan mengundang berbagai pertanyaan adalah gaya modern dan gaya futuristic. Dua gaya desain ini memiliki bentuk yang sama-sama modern dan cukup populer untuk kehidupan masa sekarang dan masa depan. Lalu, apakah ada perbedaan antara gaya modern dan gaya Futuristik? ternyata ada. Salah satu perbedaan yang cukup mencolok adalah dari bentuk yang digunakan, modern lebih menyukai pintu lipat aluminium yang cukup sederhana sedangkan gaya futuristic lebih menyukai gaya pintu yang modern dan tampak unik.

Perbedaan-perbedaan Gaya Modern dan Gaya Futuristik yang Harus Kamu Tahu

Banyak orang yang belum bisa membedakan antara gaya desain modern dengan gaya desain futuristic. Karena masing-masing gaya tersebut memiliki konsep yang sama-sama  terkini. Berikut beberapa perbedaan antara gaya modern dan gaya futuristik:

1. Gaya masa sekarang vs gaya masa depan.

Gaya modern merupakan gaya yang sedang ngetren dan digunakan di masa sekarang, contoh mudahnya dalam penggunaan pintu lipat minimalis yang sering kita temui di masa sekarang ini. Namun untuk gaya futuristik  merupakan gaya masa depan hasil dari modifikasi tingkat tinggi dari gaya desain modern yang saat ini sedang populer, contohnya adalah pintu yang menggunakan kayu maupun aluminium namun berbentuk unik.

2. Konsep unik vs konsep sederhana.

Desain interior futuristik memiliki bentuk yang unik namun modern, lebih tepatnya lagi gaya futuristik menggunakan konsep yang dinamis dan juga canggih. Adapun bentuk yang digunakan tidak terikat pada bentuk apapun, sehingga bentuknya bebas dalam bentuk bangunan apapun, bahkan banyak bangunan futuristik yang berbentuk nanas, gitar atau bentuk lainnya yang diinginkan. Namun, seringnya bentuk futuristik lebih menyukai bentuk modular dan lengkungan. Sedangkan gaya modern merupakan gaya yang sangat mementingkan kesederhanaan, selain itu gaya modern lebih mementingkan elemen garis simetris dan bersih.

3. Pemilihan warna.

Untuk warna mereka lebih menyukai warna yang netral dan mencolok, mengkombinasikannya menjadi satu hingga membentuk warna yang kontras.

Baca juga: Unsur-unsur yang Mempengaruhi Desain Interior

4. Sejarah.

Gaya futuristik muncul pada abad ke 20 di Italia, tepatnya pada tahun 1909 hingga 1944 telah muncul bangunan futuristik yang menarik perhatian dunia. Sedangkan gaya modern.

5. Pencahayaan.

Untuk pencahayaan gaya futuristik lebih menyukai pencahayaan yang menggunakan lampu LED, sehingga ruangan atau rumah akan tampak lebih elegan. Namun berbeda dengan gaya modern yang lebih mementingkan pencahayaan alami dengan membangun bangunan yang memiliki banyak kaca dan elemen yang lebih terbuka.

6. Furniture yang digunakan.

Desain futuristik menyukai furniture dengan desan aerodinamis yang melengkung dan memanjang, sehingga akan memperlihatkan tampilan desain yang mengalir namun ringkas. Berbeda dengan desain modern yang lebih menyukai desain atau furniture yang sederhana, yang memiliki fungsi tidak hanya digunakan untuk pajangan saja. Furniture yang digunakan oleh desain modern lebih simple dan sederhana. Contoh mudahnya untuk gaya modern menggunakan pintu lipat sederhana, namun untuk pintu yang yang digunakan desain futuristik lebih menyukai pintu unik dengan desain yang beraneka ragam.

Dengan mengetahui beberapa perbedaan antara gaya modern dan gaya futuristik maka kamu bisa memilih gaya yang diinginkan untuk rumah atau bangunan yang akan kamu bangun. Jika kamu memilih gaya modern kamu bisa memilih pintu lipat minimalis untuk melengkapi keindahan rumah, jika kamu memilih gaya futuristik maka kamu bebas berkreasi memilih bentuk pintu yang diinginkan.